TAMAN BALEKAMBANG

Lokasi

Screenshot_2016-08-21-14-26-00_1471909862092

Taman ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta dengan area seluas 9,8 Ha dan dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB setiap hari.

Sejarah

Taman Balekambang dibangun oleh KGPAA Mangkunagara VII pada 1921. Taman itu pun lantas dinamai Partini Tuin, sebuah nama untuk mengabadikan putrinya tercinta yang bernama Partini. Taman balekambang pada awalnya bernama Partini Tuin dan Partinah Bosch yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921. Karena rasa sayang pada kedua putrinya, GRAy Partini Husein Djayaningrat dan GRAy Partinah Sukanta, maka dibuatlah sebuah taman dengan mengabadikan nama keduanya. Taman Balekambang memadukan konsep Eropa dan Jawa.
Di Balekambang, dulu Srimulat pernah berjaya. Grup lawak asuhan Teguh (alm.) berkibar di Solo setelah hijrah dari Surabaya, hingga mencuatkan nama-nama pelawak seperti Gepeng, Pete, dan Jujuk, sebelum akhirnya juga menyerah pada takdir, gulung tikar.
Masa kelam Balekambang adalah justru terjadi sepeninggal Srimulat. Dunia gemerlap lebih disukai (seperti banyak dijumpai pada tayangan televisi), sehingga diskotiklah yang lantas memberi warna Balekambang sebagai ‘ruang publik’. Dulu, ada pula panti pijat berdiri di sana sebelum akhirnya ‘dibersihkan’ dan ditata kembali oleh pasangan pemimpin Kota Surakarta: Jokowi/Rudy.
Untung, semua itu sudah menjadi cerita masa lalu. Kini, Balekambang benar-benar menjadi sebuah taman yang asri. Nyaris mirip Kebun Bogor, meski berbeda pada beberapa hal, seperti luasnya atau tiadanya istana negara. Balekambang pun bakal dikembangkan menjadi taman botani. Banyak pepohonan langka ditanam di sana, sumbangan dari sejumlah pejabat negara, tokoh publik hingga sejumlah pejabat diplomatik negara sahabat. Sebuah teater terbuka juga sudah dibangun, bersebelahan dengan gedung baru untuk pentas ketoprak.
Kini, Taman Belakambang sering digunakan untuk menyambut tamu-tamu penting yang berkunjung ke Surakarta. Gala dinner biasa digelar di sana. Untuk sebuah pesta terbuka, seperti resepsi pernikahan pun sangat cocok.

Nilai penting

Taman ini melambangkan cinta kasih seorang ayah kepada putrinya. Merupakan salah satu perwujudan taman yang asri dan dilengkapi wifi oleh Pemerintah Kota Solo kepada masyarakatnya.

Catatan kritis

Sebaiknya disebar petugas keamanan di sudut-sudut Taman Balekambang atau dilakukan pemasangan cctv di seluruh areal Taman Balekambang karena Taman yang luas ini sering disalah gunakan oleh para muda-mudi. Denda dan sanksi harus diberikan kepada pelaku mesum. Selain itu juga diperlukan pembersihan taman berupa pemotongan rumput ilalang, pembersihan daun kering, juga penambahan jumlah tong sampah.
Sumber data : http://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/taman-balekambang-tanda-cinta-seorang-ayah
https://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Balekambang
http://tentangsolo.web.id/taman-kota-balekambang.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s